Plt Ketua KPU Akui Ada Sewa Pesawat Jet, Mahfud MD Ungkap Bagi-bagi Mobil Dinas Mewah Komisioner

  • Bagikan
Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin saat memberikan keterangan kepada awak media di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin (8/7/2024). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela

“Pergantian semua komisioner KPU perlu dipertimbangkan tanpa harus menunda Pilkada November mendatang. Juga tanpa harus membatalkan hasil pemilu yang sudah selesai diputus atau dikonfirmasi oleh MK,” pungkas Mahfud.

Terkait penyewaan pesawat jet, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPU RI, Mochammad Afifuddin mengakui ada fasilitas pesawat jet yang digunakan di KPU.

Namun, dia berkilah fasilitas pesawat jet tersebut digunakan untuk mengantar logistik pemilu sebagai komponen yang berperan penting dalam pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

"Itu 'kan untuk kebutuhan logistik dan sudah kami bicarakan lama sebenarnya," ujar Afifuddin di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin.

Afifuddin menilai persiapan penyediaan logistik selama Pemilu 2024 tidak selama Pemilu 2019.

Fasilitas pesawat jet itu, menurut dia, untuk mendatangi tempat-tempat yang susah dijangkau lantaran keterbatasan waktu.

"Pertaruhannya 'kan kalau tidak bisa dipastikan barang terkirim dan seterusnya, kami juga lebih mengkhawatirkan logistik tidak sampai ke daerah," jelasnya.

Kendati demikian, kata pria yang akrab disapa Afif, KPU tetap menerima seluruh masukan dan kritikan dari semua pihak.

"Apa yang kami lakukan itu ikhtiar untuk Pemilu 2024 terwujud, dan itu sudah kami laksanakan lepas dari kurang dan lebihnya," kata Afif. (antara/fajar)

  • Bagikan