Duet Anies-Prasetyo Dinilai Kombinasi Ideal untuk Pluralisme Jakarta di Pilkada 2024

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik dari Universitas Indonesia, Reza Hariyadi, menilai pasangan Anies Baswedan dan Prasetyo Edi Marsudi sebagai kombinasi yang paling ideal untuk Pilkada Jakarta 2024. Menurut Reza, duet ini mencerminkan pluralisme Jakarta yang dikenal dengan keragaman dan heterogenitasnya.

"Memang, bersama Mas Pras dari PDIP ini kombinasi paling baik. Dua kutub mainstream (arus utama) bisa bersama di Jakarta yang dikenal dengan pluralisme dan heterogenitas," ujar Reza dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, dikutip dari ANTARA.

Ia berpendapat bahwa pasangan ini akan mewakili berbagai elemen masyarakat Jakarta dengan lebih baik dibandingkan jika Anies dipasangkan dengan Sohibul Iman atau kader PKS yang memiliki identitas Islam yang sama.

Reza menambahkan bahwa PDIP, PKB, dan NasDem adalah kombinasi politik yang solid untuk Jakarta. Prasetyo, sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta selama dua periode, dianggap memiliki pemahaman yang mendalam tentang seluk-beluk Jakarta.

"Tentu, ini menjadi modal utama membangun Jakarta ke depan. Anies memiliki pengalaman sebagai gubernur Jakarta, sedangkan Mas Pras sebagai Ketua DPRD DKI pasti paham seluk beluk Jakarta," katanya.

Dekan Fakultas Administrasi Negara Universitas Krisnadwipayana (Unkris) tersebut juga mengungkapkan bahwa pasangan Anies-Prasetyo bisa saling melengkapi dalam menjalankan program pembangunan di Jakarta. "Mas Pras memiliki komunikasi yang baik dengan lintas partai di Jakarta dan ASN di Pemprov Jakarta serta memahami kultur birokrat," tambahnya.

  • Bagikan