Prakiraan Cuaca BMKG: Mayoritas Wilayah Indonesia Berawan Hari Ini

  • Bagikan
Ilustrasi. Kendaraan yang berlalu-lalang dalam cuaca berawan, pada salah satu sudut kota di Jakarta Pusat. (ANTARA/Sean Filo Muhamad)
Ilustrasi. Kendaraan yang berlalu-lalang dalam cuaca berawan, pada salah satu sudut kota di Jakarta Pusat. (ANTARA/Sean Filo Muhamad)

Di wilayah Kalimantan, cuaca berawan tebal diprediksi terjadi di Pontianak, Palangkaraya, dan Banjarmasin. Sementara hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di Samarinda, serta hujan disertai petir diprakirakan terjadi di Tanjung Selor.

Berpindah ke wilayah Sulawesi, sejumlah wilayah seperti Mamuju, Kendari, dan Gorontalo diprediksi akan terjadi hujan ringan, sementara Manado diprakirakan akan terjadi hujan dengan disertai petir. Makassar diprakirakan berawan tebal, serta Palu diliputi asap atau kabut.

Di wilayah Indonesia Timur, wilayah Sorong diprakirakan terjadi udara kabur, serta sejumlah daerah seperti Ambon, Nabire, Manokwari, dan Jayapura diprakirakan hujan ringan. Sementara hujan lebat diprakirakan turun di Jayawijaya dan hujan disertai petir diprakirakan terjadi di Merauke.

"Daerah konvergensi terpantau di wilayah Sulawesi bagian tengah, dan wilayah konfluensi atau pertemuan massa udara terdapat di wilayah Laut Cina Selatan dan wilayah Samudera Pasifik Utara Papua. Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan-awan hujan, terutama di wilayah sirkulasi siklonik di wilayah konvergensi dan konfluensi tersebut," tambah Dendi Rona Purnama. (*)

  • Bagikan