Gus Ipul: PBNU Siap Bentuk Pansus ‘Tim Lima’ untuk Meluruskan Sejarah PKB

  • Bagikan
NU dan PKB
NU dan PKB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Gus Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul, mengungkapkan bahwa PBNU saat ini sedang mendiskusikan kemungkinan pembentukan panitia khusus (pansus) untuk mengembalikan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke dalam lingkup Nahdlatul Ulama (NU).

"Pansus itu bakal disebut sebagai Tim Lima yang bekerja untuk meluruskan sejarah PKB," kata Gus Ipul dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Gus Ipul berpendapat bahwa pemilik sah partai politik yang dipimpin oleh Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar itu adalah NU. Menurutnya, PBNU sedang berdiskusi dan jika diperlukan, pembentukan Tim Lima akan segera dilakukan.

Ia menilai para elite PKB banyak membuat pernyataan yang melenceng dari fatsun awal berdirinya PKB. Bahkan, dia menduga ada upaya yang nyata dan sistematis oleh elite PKB guna menjauhkan PKB dari struktural NU.

"Langkah ini setelah melihat pernyataan elite PKB yang ahistoris. Ada tanda-tanda mereka akan membawa lari dari sejarah berdirinya PKB," tambahnya.

  • Bagikan