BMKG Peringatkan Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sejumlah Kota Besar

  • Bagikan
Ilustrasi cuaca ekstrem. Foto: Ricardo/JPNN.com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan ringan hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di berbagai kota besar di Indonesia pada Sabtu.

Menurut Prakirawan Cindy Inda Pratiwi, daerah konvergensi terpantau memanjang dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Utara, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Selatan bagian Selatan, dari Papua Tengah hingga ke Papua Barat, serta dari Samudra Hindia Selatan Pulau Timur hingga Laut Sabu.

"Oleh karena itu, beberapa kota besar berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang, termasuk Banda Aceh, Mataram, Tanjung Selor, dan Jayapura," jelas Cindy.

Sementara itu, beberapa kota besar lainnya diperkirakan akan mengalami hujan ringan hingga sedang, yaitu Medan, Pangkal Pinang, Denpasar, Mamuju, Kendari, Sorong, Nabire, Jayawijaya, dan Nabire.

Beberapa kota besar diprakirakan hanya akan mengalami kondisi berawan pada hari ini, meliputi Pekanbaru, Padang, Tanjung Pinang, Lampung, Palembang, Jambi, Bengkulu, Jakarta, Serang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Kupang, Palangkaraya, Banjarmasin, Samarinda, Pontianak, Makassar, Manado, Palu, Gorontalo, Ternate, Manokwari, dan Ambon.

  • Bagikan