Jalan Kaki dan Latihan Beban untuk Olahraga yang Aman

  • Bagikan
Pemanasan atau warming up penting dilakukan sebelum berolahraga agar otot siap saat melakukan tekanan lebih. ANTARA/Sizuka

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Pemenang kompetisi kebugaran L-Men Of The Year 2006, Fernando Surya, berbagi tips aman bagi mereka yang ingin memulai olahraga guna mencegah cedera. Menurutnya, jalan kaki 5000 sampai 6000 langkah sehari dapat menjadi pilihan yang baik sebagai latihan kardio.

"Jalan kaki olahraga yang paling mudah kalau mau kardio, kalau lari orang yang obesitas bahaya ke tekanan lutut, jadi kalau saran saya kardio dari jalan kaki, satu hari WHO merekomendasikan 5000-6000 langkah," ujar Fernando, yang akrab disapa Nando, dalam acara Inovasi Nutrifood HMB untuk Tingkatkan Kekuatan dan Massa Otot di Jakarta, Rabu.

Nando juga menekankan pentingnya pemanasan atau warming up sebelum memulai olahraga. "Pemanasan penting agar otot siap saat akan melakukan tekanan lebih," jelasnya. Untuk mengurangi risiko cedera, Nando merekomendasikan dynamic warming up, seperti memutar pinggang ke kanan dan kiri, mengangkat lutut sampai dada (knee up), dan menyentuh kaki secara menyilang untuk mengaktifkan hemstring atau otot belakang paha.

Gerakan-gerakan ini sebaiknya dilakukan selama lima hingga sepuluh menit sebelum berolahraga dengan intensitas tinggi.

Sebagai Assistant General Manager dan Pelatih di Rowdybox Indonesia, Nando menyarankan untuk melanjutkan dengan latihan beban menggunakan berat badan sendiri. "Untuk nggak cedera disarankan weight training pakai berat badan sendiri dulu, kayak squat (jongkok) untuk latih core, bisa gunakan kursi biar nggak cedera lututnya, atur kursi serendah lutut," terang Nando.

  • Bagikan