Jalan Kaki dan Latihan Beban untuk Olahraga yang Aman

  • Bagikan
Pemanasan atau warming up penting dilakukan sebelum berolahraga agar otot siap saat melakukan tekanan lebih. ANTARA/Sizuka

Latihan lainnya yang bisa dilakukan adalah half push up. Caranya, tekuk lutut di tanah dan posisikan tangan seperti push up normal. Ratakan dada dan perut hingga menyentuh tanah, kemudian dorong ke atas hingga tangan dalam posisi lurus. Lakukan gerakan ini selama 10 hingga 15 menit.

Setelah pemanasan dan latihan beban, Nando mengingatkan untuk selalu melakukan pendinginan dengan static stretching. Hal ini penting untuk menormalkan elastisitas otot yang mengencang selama olahraga.

Nando juga menyoroti pentingnya kecukupan nutrisi untuk mendukung kekuatan otot, termasuk asupan HMB sebagai tambahan protein. "Kita tetap perlu karbohidrat untuk nutrisi energi, protein untuk zat pembangun otot, HMB tercukupi untuk mempertahankan massa otot, lemak juga butuh, tapi perlu dilihat lemaknya jahat atau lemak baik," ungkapnya, dikutip dari ANTARA.

Sebagai tambahan, Nando menyarankan untuk mengonsumsi makanan tiga kali sehari dengan porsi yang cukup dan menghindari camilan atau minuman manis yang bisa menimbun lemak. (*)

  • Bagikan