Program Makan Bergizi Gratis 2025, Anggaran Disesuaikan Tiap Daerah

  • Bagikan
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat melakukan sosialisasi makan bergizi gratis dan bangga produk dalam negeri di SMK dan SMA di Kabupaten Lampung Selatan. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyatakan bahwa nilai anggaran program makan bergizi gratis (MBG) per porsi akan disesuaikan dengan kemampuan daerah.

"Program makan bergizi gratis untuk tahun depan anggaran keseluruhannya dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025 sudah ditetapkan yaitu sebesar Rp71 triliun," ujar Zulkifli Hasan di Lampung Selatan, Jumat.

Ia menambahkan bahwa anggaran makan bergizi gratis per porsi akan disesuaikan dengan kemampuan daerah, mengingat harga bahan pangan serta biaya produksi yang berbeda-beda di setiap daerah.

"Sebenarnya yang menentukan harga per porsinya adalah para ahli gizi, sebab beda provinsi beda pula harga, biaya dan sebagainya. Jadi disesuaikan dengan kemampuan daerah seperti apa," katanya.

Dia melanjutkan bahwa kelengkapan jenis makanan per porsi pun akan disesuaikan dengan kemampuan daerah.

"Program makan bergizi gratis ini nanti seperti apa akan dirumuskan oleh ahli gizi, yang menentukan harganya juga mereka, kami hanya memberikan saran saja. Yang penting harus mencukupi gizi anak, dimana harus ada telurnya, ikan, dan buah," ucapnya.

Menurut Zulkifli, saat ini pemerintah masih terus melaksanakan sosialisasi program makan bergizi gratis tersebut ke berbagai daerah.

  • Bagikan