Pemprov Sulbar Raih Penghargaan Indeks Pembangunan Pemuda dari Kemenpora

  • Bagikan
Pemprov Sulbar Raih Penghargaan Indeks Pembangunan Pemuda dari Kemenpora
Pemprov Sulbar Raih Penghargaan Indeks Pembangunan Pemuda dari Kemenpora

FAJAR.CO.ID, YOGYAKARTA – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) meraih penghargaan atas capaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia pada kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengembangan Pemuda di Kulonprogo, Yogyakarta, yang berlangsung dari 5 hingga 7 Agustus 2024.

Penghargaan tersebut diraih dari kategori Domain Lapangan dan Kesempatan Kerja Kepemudaan, di mana Sulbar berhasil meraih posisi tertinggi ke-3 tingkat nasional dengan nilai 55,00. Posisi pertama diraih oleh DI Yogyakarta dengan nilai 80,00, sementara posisi kedua diraih oleh Provinsi Sulawesi Tengah dengan nilai 60.

Penghargaan diserahkan oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI, Raden Isnanta, kepada Pj Gubernur Sulbar H. Bahtiar Baharuddin yang diwakili oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Daerah Sulbar, Safaruddin DM, melalui Kepala Bidang Layanan Kepemudaan, Karnoto.

Karnoto menyatakan rasa syukur atas pencapaian ini karena nilai domain tetap bertahan dari pelaporan IPP tahun sebelumnya (2022). Secara keseluruhan, nilai IPP Sulawesi Barat mengalami kenaikan sebesar 2,17 poin, dari 53,33 pada tahun 2022 menjadi 55,50 pada tahun 2023.

Kenaikan ini didorong oleh meningkatnya domain kesehatan dan kesejahteraan dari 65 pada tahun 2022 menjadi 72,5 pada tahun 2023. Domain pendidikan juga mengalami peningkatan dari 63,33 menjadi 66,67.

Namun, tiga domain lainnya mengalami stagnasi, yaitu domain gender dan diskriminasi (43,33), domain partisipasi dan kepemimpinan (40), serta domain lapangan dan kesempatan kerja (55).

  • Bagikan