Dugaan Larangan Jilbab, Jokowi Tekankan Pentingnya Menghormati Keyakinan Anggota Paskibraka

  • Bagikan
Paskibraka 2024 di depan Istana Kepresidenan IKN. (Ferlynda Putri/Jawa Pos Koran)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan kepada seluruh pihak untuk menghormati keyakinan setiap anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Arahan tersebut datang di tengah polemik yang berkembang mengenai dugaan sejumlah anggota Paskibraka yang diminta melepas jilbab saat pengukuhan.

"Kalau dari Pak Presiden, bagaimana upaya kita untuk menghormati keyakinan dari para peserta. Saya pikir itu yang perlu dipikirkan," ujar Moeldoko saat ditemui di kompleks Istana Kepresidenan RI, Jakarta, Kamis (15/8/2024).

Pada kesempatan terpisah, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono memastikan bahwa anggota Paskibraka putri yang menggunakan jilbab akan tetap mengenakannya saat bertugas dalam upacara peringatan HUT Ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada 17 Agustus 2024.

"Kami meminta kepada seluruh adik-adik putri yang memang menggunakan jilbab, tetap gunakan itu," tegas Heru di Jakarta, Rabu (14/8/2024).

  • Bagikan