Pj Gubernur Sulbar Dorong Pembentukan Duta Baca di Setiap Desa

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulbar Dorong Pembentukan Duta Baca di Setiap Desa
Pj Gubernur Sulbar Dorong Pembentukan Duta Baca di Setiap Desa

FAJAR.CO.ID, MAJENE – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Provinsi Sulawesi Barat menggelar Talkshow Duta Baca Indonesia (DBI) Tahun 2024 di Aula Perpustakaan Daerah Sulbar, Kamis (15/8/2024).

Dalam sambutannya, Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, Bahtiar Baharuddin, menyampaikan bahwa Talkshow Duta Baca adalah salah satu instrumen penting dalam merangsang minat baca masyarakat melalui teladan yang diberikan oleh duta baca. Langkah-langkah yang diambil oleh DPKD Sulbar untuk meningkatkan indeks literasi di daerah ini dinilai tepat.

Pj Gubernur Bahtiar juga menginstruksikan DPKD Sulbar untuk segera membentuk Duta Baca di setiap desa dan kelurahan di Sulbar guna memperkuat literasi di tingkat desa. Ia berkomitmen untuk mendorong agar urusan perpustakaan masuk dalam rumpun pendidikan, sehingga perpustakaan di Sulbar dapat berkembang lebih maju.

"Literasi yang harus diperkuat adalah literasi sosial ekonomi, agar manusia dapat memproduksi. Bagaimana masyarakat kita 1,4 juta ini, agar dapat memproduksi. Maka penting literasi," ujar Bahtiar.

Menurutnya, tanpa literasi, potensi yang dimiliki Sulbar tidak dapat dikelola dengan baik. Hal ini juga berdampak pada masalah kemiskinan, stunting, dan berbagai tantangan lainnya yang masih dihadapi oleh Sulbar.

"Sungguh ironi ketertinggalan, keterbatasan, kemiskinan di tengah kesuburan dan kemegahan alam yang Tuhan ciptakan, sehingga diperlukan literasi kepada masyarakat," ungkapnya.

Bahtiar juga menyebut Sulbar sebagai provinsi paling bahagia di Indonesia, bahkan di dunia, jika melihat kekayaan dan potensinya yang luar biasa. Dari udara terbersih, pemandangan sunset yang indah sepanjang 672 km, hingga potensi laut yang melimpah, Sulbar memiliki segala hal untuk mendukung kesejahteraan masyarakatnya.

  • Bagikan