Atraksi F16 Hiasi Peringatan HUT Ke-79 RI di IKN dengan Manuver Spektakuler

  • Bagikan
Suasana upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di lapangan upacara Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024). Upacara dalam rangka HUT Ke-79 RI tersebut mengusung tema Nusantara Baru Indonesia Maju. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.

FAJAR.CO.ID, IKN -- TNI Angkatan Udara menampilkan atraksi sembilan pesawat tempur F16 Fighting Falcon sebagai bagian dari rangkaian Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka HUT Ke-79 RI di Istana Negara IKN, Kalimantan Timur, Sabtu.

“Kita saksikan bersama penampilan demo udara dari Garuda Flight, pesawat tempur F16 Fighting Falcon,” ujar Kapten Penerbang I Putu Satrya Kedaton saat memandu atraksi pesawat tempur di Istana Negara IKN, Kalimantan Timur, Sabtu.

Satrya menjelaskan bahwa atraksi ini digelar untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia. Ia menambahkan, terdapat tiga manuver utama yang ditampilkan oleh F16 Fighting Falcon dalam atraksi tersebut.

Manuver pertama adalah High-G Turn, yang memungkinkan pilot untuk melakukan belokan tajam. Selanjutnya, ada manuver High Speed Spiral Climb, dan yang terakhir adalah manuver Bomb Burst.

“Selanjutnya adalah ucapan selamat ulang tahun langsung dari kokpit pesawat tempur F16 Fighting Falcon,” ujar Satrya.

  • Bagikan