Pj Gubernur Sulbar Kunjungi Pelabuhan ASDP Mamuju, Cek Kesiapan Pelabuhan Layani Pengiriman Pangan ke IKN

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulbar Kunjungi Pelabuhan ASDP Mamuju
Pj Gubernur Sulbar Kunjungi Pelabuhan ASDP Mamuju

Bahtiar, yang juga menjabat sebagai Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI, yang mengusung tema "Merayakan Kemerdekaan dengan Menyelamatkan Lingkungan."

"Kami mengangkat tema besar ini dalam rangka menyambut HUT kemerdekaan karena isu lingkungan merupakan tantangan besar yang kita hadapi. Namun, kami tidak hanya menanam pohon, tetapi juga memilih pohon-pohon yang memiliki nilai ekonomi," jelas Bahtiar.

Menurut Bahtiar, menanam pohon yang tidak memiliki nilai ekonomi tidak akan bertahan lama. Ia meyakini bahwa dalam jangka waktu 20 tahun, pohon tanpa nilai ekonomi akan ditebang dan hilang.

"Jika hanya menanam pohon tanpa nilai ekonomi, 20 tahun kemudian pohon itu akan ditebang dan hilang. Tetapi, jika pohon tersebut memiliki nilai ekonomi seperti pohon aren, mangga, manggis, atau sukun, masyarakat pasti akan merawatnya. Jadi, kita tidak hanya sekadar menghijaukan lingkungan, tetapi juga memberikan nilai ekonomi yang dapat menurunkan emisi karbon," kata Bahtiar. (*)

  • Bagikan