Sulbar Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana, BPBD Sulbar Gelar Pelatihan

  • Bagikan
Menghadapi Kerawanan Bencana, BPBD Sulbar Gelar Pelatihan Kesiapsiagaan
Menghadapi Kerawanan Bencana, BPBD Sulbar Gelar Pelatihan Kesiapsiagaan

Ia berharap pelatihan ini dapat memperkuat kapasitas petugas penanggulangan bencana dalam menangani situasi darurat, serta meningkatkan sinergitas koordinasi dan komunikasi antar lembaga dalam upaya penanganan bencana.

Muhammad Idris juga menegaskan bahwa bencana bisa disebabkan oleh alam atau oleh ulah manusia, dan dampaknya sering kali di luar kemampuan masyarakat untuk mengatasinya. Oleh karena itu, penting untuk mengubah cara pandang terhadap penanggulangan bencana, yang sebelumnya dianggap sebagai tindakan terbatas pada keadaan darurat, menjadi upaya pengurangan risiko bencana secara lebih menyeluruh.

"Berbagai bencana yang telah terjadi di tanah air, termasuk di Sulbar, harus dijadikan sebagai pembelajaran. Kepekaan terhadap alam dan lingkungan harus ditingkatkan melalui gerakan kesiapsiagaan dan kedaruratan yang partisipatif oleh masyarakat, agar dapat memperkecil dampak bencana," ujar Muhammad Idris.

Pengalaman bencana gempa bumi yang menimpa Sulbar beberapa tahun lalu menjadi pemicu bagi pemerintah dan masyarakat untuk lebih memahami dan mendalami masalah kebencanaan. Kesiapsiagaan ini dianggap penting untuk memperkecil jumlah korban saat bencana terjadi.

  • Bagikan