Pemprov Sulbar Jadikan Tubbi Taramanu Sentra Kakao untuk Kesejahteraan Petani

  • Bagikan
Gubernur Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Bahtiar Baharuddin mengunjungi Kecamatan Tubbi Taramanu (Tutar) Kabupaten Polman, untuk menjadikan daerah itu sebagai lokasi pengembangan komoditi tanaman kakao untuk meningkatkan pendapatan petani, di Mamuju, Kamis (22/8/2024) ANTARA Foto/HO Humas Pemprov Sulbar

FAJAR.CO.ID, MAMUJU -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menetapkan Kecamatan Tubbi Taramanu di Kabupaten Polewali Mandar sebagai lokasi pengembangan komoditas kakao dengan tujuan meningkatkan pendapatan para petani setempat.

Penjabat Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin, mengungkapkan bahwa upaya ini bertujuan menjadikan Tubbi Taramanu sebagai pusat pengembangan kakao di Sulbar, dengan pembinaan khusus kepada petani agar mereka memiliki kemampuan dalam mengelola dan mengembangkan tanaman kakao.

"Nantinya, di Kecamatan Tubbi Taramanu akan dibangun pusat pembibitan kakao yang akan disertifikasi oleh Balai Benih Kementerian Pertanian. Dengan kondisi alam dan tanah yang sangat potensial, Tubbi Taramanu berpeluang besar menjadi penghasil kakao sekaligus penjual bibit kakao," kata Bahtiar di Mamuju, Kamis (22/8).

Pemprov Sulbar juga berharap bahwa pengembangan komoditas kakao ini dapat berkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan petani melalui peningkatan pendapatan. Selain itu, Bahtiar menambahkan bahwa upaya perbaikan akses jalan menuju Kecamatan Tubbi Taramanu akan terus diupayakan melalui bantuan dari pemerintah pusat, untuk memperlancar distribusi hasil pertanian.

  • Bagikan