Pj Gubernur Sulbar Kunjungi Pekebun Durian Polman, Dorong Pengembangan Ekosistem Durian

  • Bagikan
Pengembangan Durian Montong di Polman: Dukungan Gubernur Sulbar dan Tantangan Petani
Pengembangan Durian Montong di Polman: Dukungan Gubernur Sulbar dan Tantangan Petani

FAJAR.CO.ID, POLMAN -- Warga Polewali Mandar (Polman) yang berprofesi sebagai pekebun Durian Montong di Kecamatan Bulo menyambut hangat kedatangan Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat Bahtiar Baharuddin, Kamis (22/8/2024).

Kunjungan ini dilakukan untuk melihat langsung kawasan durian yang telah dikelola oleh masyarakat setempat sejak 2005.

Aco Nasruddin, seorang pebisnis budidaya durian Montong di kawasan tersebut, mengungkapkan rasa harunya atas kunjungan tersebut.

"Terima kasih Pak Pj Gubernur telah mengunjungi lokasi kami. Jujur kami sangat terharu sebab pak gubernur benar-benar datang ke sini dan melihat kondisi kebun kami," ujarnya.

Dalam dialog dengan kelompok petani durian, Bahtiar Baharuddin mendorong para petani untuk tidak hanya fokus pada penjualan buah durian, tetapi juga membangun ekosistem pengembangan komoditas Durian di Kebun Raya Bulo.

Ia menyarankan agar mereka juga menjual bibit durian serta mengolah buah durian menjadi produk makanan atau oleh-oleh khas Polman.

"Terima kasih kepada pejuang-pejuang durian dan pejuang hortikultura," kata Bahtiar.

Bahtiar menekankan pentingnya berpikir seperti seorang CEO dalam menggerakkan sektor pertanian dan perkebunan.

Menurutnya, usaha ini harus dikelola dalam skala besar dan diperhitungkan secara matang, termasuk memahami bisnis dari hulu ke hilir. "Setiap yang kita tanam perlu modal dan risiko. Oleh karenanya harus diperhitungkan, jumlahnya harus besar, termasuk harus tahu pasar. Jadi harus tahu bisnisnya dari hulu ke hilir," jelasnya.

  • Bagikan