Kedaulatan Pangan, Bahtiar Baharuddin Targetkan 1 Juta Bibit Sukun di Sulbar pada 2025

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulbar Galakkan Penanaman Sukun, Dorong Ketahanan Pangan dan Pencegahan Longsor
Pj Gubernur Sulbar Galakkan Penanaman Sukun, Dorong Ketahanan Pangan dan Pencegahan Longsor

FAJAR.CO.ID, MAMUJU -- Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat, Bahtiar Baharuddin, terus mendorong program penanaman pohon sukun di seluruh wilayah Sulawesi Barat. Upaya ini dilanjutkan dengan penanaman pohon sukun di Mata Uwai, Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, pada Jumat, 23 Agustus 2024.

Bahtiar Baharuddin, yang juga menjabat sebagai Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, menyatakan bahwa pihaknya ingin menjadikan sukun sebagai sumber gizi alternatif bagi masyarakat Sulawesi Barat.

"Nah, hari ini seperti gerakan kita selama ini adalah gerakan menanam sukun. Kita hendak menjadikan sukun sebagai sumber gizi alternatif masyarakat atau memperkuat kedaulatan pangan kita," kata Bahtiar Baharuddin.

Lebih lanjut, Bahtiar mengungkapkan bahwa tujuan lain dari gerakan ini adalah untuk mengurangi ketergantungan masyarakat Sulawesi Barat terhadap beras sebagai sumber utama karbohidrat.

"Jadi, mengurangi ketergantungan pada beras, maka kita harus mencari sumber-sumber makanan yang memiliki karbohidrat tinggi dan memang sudah tumbuh di wilayah Sulbar, tinggal jumlahnya kita tambahkan," ujarnya.

  • Bagikan