Profil Calon Gubernur Sulbar, Husain Syam

  • Bagikan
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Barat, Prof. Husain Syam (PHS) dan Hj. Enny Anggraeni Anwar. (EDY ARSYAD/FNN)
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Barat, Prof. Husain Syam (PHS) dan Hj. Enny Anggraeni Anwar. (EDY ARSYAD/FNN)

SULBAR.FAJAR.CO.ID, MAMUJU -- Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.Tp., IPU., ASEAN. Eng., bersama Enny Anggraeni Anwar resmi mendaftar sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Barat di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Barat pada Kamis, 29 Agustus 2024.

Pasangan yang dikenal dengan akronim PHS-Enny ini diusung oleh koalisi tiga partai politik, yaitu PDI Perjuangan (PDIP), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Hanura.

Husain Syam, yang lahir di Kanang, Polewali Mandar, Sulawesi Selatan pada 7 Juli 1966, memiliki latar belakang akademis yang mengesankan.

Sebelum mencalonkan diri dalam Pilkada 2024, ia menjabat sebagai Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) hingga Mei 2024 dan merupakan Guru Besar di Fakultas Teknik UNM.

Husain Syam dilantik sebagai rektor UNM untuk dua periode berturut-turut, yaitu 2016-2020 dan 2020-2024.

Karier akademiknya dimulai sebagai Ketua Program Studi Teknik Mesin UNM pada periode 2007-2008. Selanjutnya, ia menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik UNM dari 2008 hingga 2016, dan berhasil membawa kampus tersebut meraih berbagai pencapaian, termasuk akreditasi A.

UNM juga tercatat sebagai perguruan tinggi dengan peringkat lima terbaik dalam kategori sumber daya manusia (SDM) pada 2017 dan peringkat tiga SDM terbaik pada 2018.

  • Bagikan