Pj Gubernur Sulbar Raih Penghargaan Tempo untuk Pelestarian Lingkungan dan Mitigasi Bencana

  • Bagikan
Menginspirasi Dalam Bidang Lingkungan dan Mitigasi Bencana, Bahtiar Terima Penghargaan dari TEMPO
Menginspirasi Dalam Bidang Lingkungan dan Mitigasi Bencana, Bahtiar Terima Penghargaan dari TEMPO

SULBAR.FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Tempo Media Group menganugerahkan penghargaan kepada sejumlah tokoh yang telah memberikan kontribusi besar dalam pembangunan di daerah maupun tingkat nasional pada acara Malam Apresiasi Tokoh Indonesia 2024.

Salah satu penerima penghargaan tersebut adalah Pj Gubernur Sulawesi Barat, Bahtiar Baharuddin, yang meraih apresiasi dalam kategori Pelestarian Lingkungan dan Mitigasi Bencana. Acara ini berlangsung di Jakarta pada Selasa, 10 September 2024.

Dalam sambutannya, Bahtiar Baharuddin mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Ketika ditanya tentang gerakan penghijauan yang diterapkan sebagai bagian dari mitigasi bencana, Bahtiar menjelaskan bahwa Sulawesi Barat merupakan salah satu provinsi dengan indeks risiko bencana tertinggi di Indonesia.

“Saat saya baru tiba di Sulbar itu langsung diperhadapkan sejumlah titik longsor, terjadi di Mamasa. Oleh karenanya bagaimana kita melestarikan lingkungan dengan cara menanam,” ujar Bahtiar.

Namun, gerakan menanam yang diterapkan di Sulbar bukan sekadar untuk penghijauan semata, melainkan juga untuk mencegah bencana dan menyediakan sumber gizi bagi masyarakat. Bahtiar mengkritisi pendekatan konvensional yang hanya menekankan pada penghijauan tanpa mempertimbangkan manfaat jangka panjang dari pohon yang ditanam.

“Kegagalan kita selama ini asal menanam pohon, asal hijau, yang 20 tahun ke depan dibutuhkan dan ditebang. Jadi kita tanam pohon bernilai ekonomi misalnya Sukun, Durian, Mangga, Nangka, Aren. Jadi jangan asal hijau tetapi bisa mencegah bencana dan menjadi sumber gizi bagi masyarakat. Itulah bedanya yang saya lakukan dari daerah lain,” kata Bahtiar.

  • Bagikan