Pj Ketua TP-PKK Sulbar Tinjau Program TP-PKK Mamasa, Fokus Literasi hingga Stunting

  • Bagikan

SULBAR.FAJAR.CO.ID, MAMASA — Pj. Ketua TP-PKK Sulawesi Barat, Sofha Marwah Bahtiar, bersama dengan pengurus TP-PKK Sulbar mengunjungi Kabupaten Mamasa, Jumat (13/9/2024), dalam rangka penilaian sejumlah Pilot Project yang dilaksanakan oleh TP-PKK Mamasa. Penilaian ini melibatkan berbagai program dari empat Pokja di beberapa desa di Mamasa.

Penilaian dimulai dengan mengunjungi Pokja II di Rumah Baca dan Kerajinan Tangan di Tondok Bakaru, dilanjutkan ke Pokja III yang berfokus pada peningkatan kapasitas dan kompetensi SDM melalui pelatihan pengelolaan sampah dan ternak madu trigona. Selanjutnya, Pokja I di Desa Osango melakukan sosialisasi pencegahan narkoba dan Pokja IV mengadakan sosialisasi pencegahan serta penanganan stunting melalui Program Makanan Tambahan (PMT) untuk ibu hamil dan balita di Desa Bombong Lambe.

Sofha Marwah Bahtiar menegaskan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk melihat langsung kondisi fasilitas literasi yang bertujuan meningkatkan minat baca di kalangan anak-anak, remaja, dan masyarakat umum. “Dengan meningkatkan literasi, kita dapat memberikan pengetahuan yang lebih baik kepada masyarakat mengenai pendidikan, kesehatan, dan hidup yang layak, sehingga mereka dapat lebih mandiri dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Di Pokja I, kegiatan difokuskan pada sosialisasi pencegahan narkoba dan perdagangan manusia (human trafficking), sementara Pokja IV mengadakan sosialisasi tentang pencegahan dan penanganan stunting di Desa Bombong Lambe. Sofha berharap kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan berkelanjutan yang bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat.

Selain itu, Sofha juga menyoroti penurunan angka stunting di Sulawesi Barat, yang sebelumnya menjadi salah satu daerah penyumbang stunting terbesar. Saat ini, angka stunting di Sulbar berhasil diturunkan dari 30 persen menjadi 20 persen, dengan target penurunan lebih lanjut hingga 14 persen ke depannya.

  • Bagikan