Bahtiar Baharuddin Dorong Pembangunan Pelabuhan Kontainer di Sulbar untuk Konektivitas IKN

  • Bagikan
Bahtiar Baharuddin: Pembangunan Pelabuhan Kontainer dan Akses Udara Prioritas Sulbar
Bahtiar Baharuddin: Pembangunan Pelabuhan Kontainer dan Akses Udara Prioritas Sulbar

SULBAR.FAJAR.CO.ID, MAMUJU - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Bahtiar Baharuddin, mengungkapkan rencana ambisius untuk mendorong pembangunan pelabuhan kontainer di provinsi ke-33 ini.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar untuk mendukung pertumbuhan yang sejalan dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal tersebut disampaikan Bahtiar Baharuddin dalam seminar Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2024 yang bertema "Transportasi Sulbar Maju Menuju Nusantara Baru: Sulbar Tumbuh Bersama IKN dan Sulbar Menyambut IKN melalui Ekonomi Hijau dan Biru" di Mamuju, Kamis (19/09/2024).

Menurut Bahtiar, permasalahan perhubungan adalah salah satu tantangan yang harus segera diatasi oleh Pemprov Sulbar dalam menghadapi kebutuhan dari IKN, khususnya dalam hal transportasi laut dan udara.

"Untuk membangun konektivitas, kita harus memperhatikan transportasi udara dan laut. Kita sudah banyak memproduksi hasil bumi yang harus dikirim keluar daerah menggunakan transportasi. Selain itu, pelabuhan yang ada harus representatif untuk kapal-kapal," ujar Bahtiar.

Ia menjelaskan bahwa pelabuhan kontainer yang diperlukan terdiri dari dua jenis: untuk hasil bumi kering dan hasil bumi basah.

  • Bagikan