Cucu Habibie Sentil Kaesang

  • Bagikan
Melanie Subono
Melanie Subono

Melanie merasa kedatangan Kaesang ke KPK setelah beberapa kali tidak hadir lebih mencerminkan tindakan terpaksa daripada kesukarelaan.

"Kalau misalnya kejadian lalu kita langsung datang itu namanya suka rela. Tapi kalau berkali-kali nggak datang, baru datang belakangan, itu namanya bukan suka rela Pak," tutup Melanie.

Sebelumnya, Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo, mengklarifikasi penggunaan jet pribadi yang ia tumpangi bersama istrinya, Erina Gudono, dalam perjalanan ke Amerika Serikat pada Agustus 2024.

Dalam keterangannya di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kaesang mengungkapkan bahwa jet pribadi tersebut bukan miliknya, melainkan milik temannya.

"Tadi saya juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat, yang numpang atau bahasa bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya teman saya," kata Kaesang setelah pemeriksaan di Gedung KPK, Selasa (17/9/2024).

Kaesang juga menegaskan bahwa dirinya hadir di KPK bukan sebagai pejabat negara, melainkan sebagai warga negara biasa yang ingin mengklarifikasi hal tersebut.

"Hari ini kedatangan saya ke KPK sebagai warga negara yang baik. Saya bukan penyelenggara negara, saya bukan pejabat," jelasnya.

Pernyataan ini disampaikan menyusul adanya dugaan gratifikasi terkait penggunaan jet pribadi tersebut, yang memicu sorotan publik. (*)

  • Bagikan